Kamis, 04 Maret 2010

CONTOH PROPOSAL REHAB/PEMBANGUNAN MASJID

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan seru sekalian alam. Semoga kita semua selalu mendapatkan rahmat, pertolongan, ampunan serta lindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Amin.

Berikut ini kami sampaikan Proposal Rehab/Pembangunan MASJID JAMI’ .... Kelurahan .... Kec. .... Kota .... Jawa Barat. Kami mengharapkan partisipasi bapak/Ibu yang berupa infaq, amal jariyah serta sumbang pemikiran dan saran untuk pelaksanaan pembangunan ini . Semoga amal baik bapak/ibu akan menjadi jalan menuju ketaqwaan dan ridho-Nya serta mendapat balasan surga dari Allah SWT.
Amiin Yaa Rabbal ’aalamin.

A. LATAR BELAKANG

Masjid Jami’ .... merupakan masjid yang berada di tengah dua wilayah/lingkungan perumahan Warga Kel. Kedungjaya dan Kel. Sukadamai Kec. Tanah Sareal Kota Bogor. Lokasinya sangat strategis yaitu berada di persimpangan jalan utama dan pusat keramaian di Dukuh Zamrud. Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dari tahun ke tahun di lingkungan .... dan sekitarnya memerlukan sebuah sarana ibadah yang memadai dari segi fisik bangunan , sarana pendukung dan pengelolaannya.
Saat ini Masjid Jami’ .... memiliki luas bangunan utama .... M x .... M = .... M2. Luas ini dirasakan sudah kurang memadai lagi. Hal ini ditandai dengan tidak tertampungnya jamaah pada setiap pelaksanaan Shalat Jum’at. Jamaah akan lebih banyak lagi yang tidak tertampung ketika hari Jum’at bertepatan dengan hari libur nasional. Kondisi ini menyebabkan kurang nyaman bagi jamaah yang terpaksa harus shalat di luar bangunan dan mengurangi kekhusukan dalam beribadah terutama jika terik matahari atau turun hujan.
Untuk itu diperlukan perluasan bangunan utama sehingga dapat menampung jamaah yang makin banyak. Direncanakan bangunan utama akan diperluas dengan penambahan sayap ke samping kanan .... meter , ke samping kiri .... meter dan ke depan .... meter. Selain itu juga akan dibangun tempat wudhu yang terpisah antara kali-laki dan perempuan, ruang sekretariat, ruang marbot, gudang dan ruang perpustakaan dan menara.

B. PERAN MASJID JAMI’ .... SEBAGAI MASJID ....

Ketika Rasullullah SAW dan para sahabatnya hijrah dari Mekah ke Madinah, beliau singgah di suatu tempat yang bernama Quba, di sana beliau membangun sebuah masjid yang diberi nama Masjid Quba. Demikian juga, saat sampai di Madinah, beliau membangun Masjid Nabawi. Ini menyiratkan bahwa masjid bagi kaum muslimin memiliki kedudukan yang sangat penting.

Demikian juga dengan Masjid Jami’ ....R, sebagai masjid raya di lingkungan .... dan sekitarnya maka fungsi yang sangat penting tersebut antara lain sebagai tempat ibadah, tempat silaturahmi, tempat pendidikan serta tempat ibadah bagi kaum muslimin yang sedang dalam perjalanan yang melewati .....

Arti pentingnya fungsi Masjid dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Sebagai sarana pembina iman bagi kaum muslimin.
Di zaman Rasulullah SAW, masjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman para sahabatnya. Di samping itu masjid juga digunakan para sahabat sebagai sarana peribadatan dan mengkaji ajaran Islam.
Allah berfirman :
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, dan hari kemudian, serta tetap mendirikan Shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut ( kepada siapa pun ) selain Allah. Maka , merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” ( QS. At-Taubah : 18 )

2. Masjid sebagai sarana memperkuat Ukhuwah Islamiyah.
Masjid merupakan tempat berkumpulnya anggota masyarakat untuk dibina menjadi masyarakat yang islami. Dengan pembinaan masyarakat melalui masjid itulah kaum muslimin menjadi terpaut hatinya kepada masjid dan membuat kaum muslimin menjadi hati-hati agar tidak melakukan kesalahan serta tidak berani menyimpang dari kebenaran.

3. Masjid sebagai sarana Tarbiyah.
Masjid sebagai tempat tarbiyah atau pendidikan dan pembinaaan kaum muslimin. Dengan adanya tarbiyah insya Allah kaum muslimin memiliki wawasan dan penguasaan ajaran Islam yang baik sehingga dapat membedakan yang hak dan yang batil.

C. VISI

Dengan membangun masjid dan menggunakan masjid itu sesuai dengan syariat Insya Allah akan terwujud masyarakat muslim yang berakhlak mulia (Akhlakul Karimah), sejahtera lahir dan batin dalam ikatan Ukhuwah Islamiyah sehingga dapat menjadi rahmatan lil ‘alamin.

D. MISI

Untuk mencapai tujuan tersebut kami memiliki misi sebagai berikut :
1. Menyediakan sarana ibadah yang representative sehingga menjadikan suasana ibadah yang khusuk dalam lingkungan yang asri dan bersih.
2. Memberikan bimbingan dan pembinaan serta memfasilitasi para jamaah untuk meningkatkan pemahaman agama Islam.
3. Memberikan pelayanan untuk keperluan-keperluan ritual agama Islam.
4. Membina jamaah agar memiliki akhlakul karimah.
5. Mengupayakan kesejahteraan jamaah baik secara material maupun spiritual.

E. DENAH LOKASI DAN GAMBAR RENCANA PENGEMBANGAN

Terlampir :
1. Denah lokasi Masjid
2. Layout rencana pengembangan
3. Gambar tampak depan rencana pengembangan
4. Gambar tampak samping rencana pengembangan

F. SUMBER PEMBIAYAAN

Biaya pengembangan masjid bersumber dari :
1. Infaq dan sodaqoh jariyah masyarakat muslim di lingkungan .... dan sekitarnya.
2. Bantuan pemerintah
3. Bantuan kaum muslimin dimana saja berada.

G. PERINCIAN ANGGARAN BIAYA

Terlampir.

H. SUSUNAN PANITIA PELAKSANA

Terlampir.

I. PENUTUP

Dengan mengucapkan بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ seraya mengharap limpahan karunia serta ridho Allah SWT, kami bertekad untuk merealisasikan rencana pengembangan Masjid Jami’ .....
Kami mengharapkan partisipasi bapak/Ibu yang berupa infaq, amal jariyah serta sumbang pemikiran dan saran untuk pelaksanaan pembangunan ini . Semoga amal baik bapak/ibu akan menjadi jalan menuju ketaqwaan dan ridho-Nya serta mendapat balasan surga dari Allah SWT.
Amiin Yaa Rabbal ’aalamin.

Wassalamua’laikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Bogor, .... H (........ 20....)
Panitia Rehab/Pembangunan
Masjid Jami’ ....


....
Ketua Panitia


....
Sekretaris

6 komentar:

  1. terima kasih atas diposkan ttg proposal mudah-mudahan bermanfaat amin

    BalasHapus
  2. kami sedikit mengambil contoh proposal ini

    BalasHapus
  3. terima kasih uraian proposalnya, kebetulan kami akan melaksanakan renovasi masjid, mohon ijin untuk memakainya......

    BalasHapus
  4. terika kasih atas dimuatnya proposal ini, sungguh sangat membantu saya dalam melaksakan tugas sebagai walikota. semoga amal perbuatannya diterima disisi-Nya dan yang ditinggalkan diberikan ketabahan. aamiin

    BalasHapus
  5. trims mohon ijin mengcopynya

    BalasHapus
  6. terima kasih atas bantuannya dimuatnya cotoh proposal da sangat bermanfaat

    BalasHapus